Monday, July 22, 2013

Resep Nastar Kurma

Resep Nastar Kurma
Satu lagi resep sajian kurma yang layak untuk kamu coba, Nastar Kurma. Menjelang hari raya Idul Fitri, kue nastar merupakan salah satu jenis kue kering yang paling sering kita jumpai – Baik itu di rumah keluarga maupun kerabat. Pada umumnya kue nastar berisi buah nanas yang sudah diolah menyerupai selai, tapi sebenarnya kue nastar tidak melulu berisi nanas. Kue nastar bisa juga diisi dengan buah lainnya, salah satunya buah kurma.


Bahan-bahannya :
Bahan kue
100 gram mentega asin
100 gram margarin
50 gram gula halus
265 gram tepung terigu protein rendah
1 kuning telur
40 gram susu bubuk
15 gram tepung maizena
½ sdt  kayumanis bubuk

Bahan Isi:
100 gram kurma, cincang halus
40 gram kacang mede, cincang kasar
20 gram gula pasir
20 ml air

Bahan Olesan :
2 kuning telur
1 sdm krim kental
Cara membuatnya :
1.    Siapkan bahan isiannya, masak kurma, air dan gula hingga lembut dan agak kering. Lalu masukkan kacang mede, aduk hingga rata. Sisihkan.
2.    Kocok margarin, mentega asin, dan gula tepung hingga lembut kurang lebih 1 menit.
3.    Tambahkan kuning telur. Kocok kembali hingga rata.
4.    Masukkan bahan kering, susu bubuk, tepung terigu, tepung maizena, dan kayumanis bubuk yang sudah diayak dan diaduk rata dengan sendok kayu.
5.     Bungkus dengan plastik simpan sebentar dalam kulkas (minimal 1-2 jam).
6.     Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin. Atur suhu oven pada 140 C. Campur kuning telur dengan krim kental, aduk hingga rata. Gunakan sebagai olesan permukaan nastar.
7.     Ambil kurang lebih setengah sdm adonan bulatkan lalu isi dengan selai kurma. Tutup rapat dan bentuk menjadi bulat (bentuk nastar bisa disesuaikan dengan selera).
8.     Letakkan di loyang lalu olesi dengan campuran telur dan krim kental.
9.     Panggang selama 10 menit lalu keluarkan sebentar. Oles sekali lagi dengan bahan olesan dan panggang kembali selama 15 menit sampai matang.
10.  Setelah matang, dinginkan terlebih dahulu sebelum dikemas ke dalam toples.

Untuk 600 gram
Tips : Pilih kurma yang tidak terlalu kering supaya mudah dalam pengadukannya. Usahakan memakai jenis kurma yang lapisan daging buahnya cukup tebal. Pastikan menggunakan jenis tepung protein rendah yang khusus untuk membuat kue kering agar hasil kue renyah.

Dapatkan resep masakan terbaru serta info menarik seputar dunia kuliner kamu hanya di OpenRice

No comments:

Post a Comment