Monday, July 15, 2013

Resep Pie Kurma

Di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, kurma telah salah satu kudapan atau menu yang wajib disajikan – Utamanya sebagai hidangan berbuka puasa. Dalam perkembangan industri kuliner Indonesia, agar lebih menarik dan variatif, kurma disajikan dalam berbagai macam bentuk hidangan, Pie Kurma salah satunya. Cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan jenis Pie yang lainnya. 



Bahan kulit pie :
250 gram tepung terigu
3 sdm air es
1 sdt air jeruk lemon
2 sdm gula bubuk
¼  sdt garam
125 gram mentega

Bahan topping pie :
100 gram kurma, buang bijinya, cincang kasar
60 gram kacang mede, cincang kasar
250 ml sirup jagung atau bisa diganti simple syrup
250 gram gula palem
3 sdm tepung terigu
1 sdt ekstrak vanili
¼ sdt garam
4 butir telur

Cara membuatnya :
1.    Atur temperatur oven pada 170 C. Siapkan loyang pie, boleh ukuran besar atau mini sesuai selera.
2.    Buat adonan kulit pienya terlebih dahulu. Campur air es dengan air jeruk lemon, sisihkan. Aduk rata tepung terigu, gula halus dan garam lalu masukkan mentega aduk menggunakan garpu sampai merata dan teksturnya seperti pasir. Lalu tuangi larutan air jeruk lemon sambil diuleni hingga kalis. Bungkus dengan plastik dan simpan dalam kulkas.
3.    Lalu buat adonan toppingnya. Kocok telur dan gula palem hingga gula larut lalu masukkan sirup jagung, tepung terigu, garam dan ekstrak vanili. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tidak perlu sampai mengembang.
4.    Keluarkan adonan kulit pie dan gilas hingga ketebalan 1 cm. (jika memakai loyang mini pembagian adonan sesuaikan dengan jumlah loyangnya). Letakkan adonan pada dasar loyang lalu taburi dengan potongan kurma serta kacang mede. Tuang larutan telur dan gula hingga penuh. Panggang selama 55 menit atau sampai larutan telur dan gula mengeras. Tusuk dengan tusukan sate, jika tusukan sate bersih berarti pie sudah matang.
5.    Angkat dan dinginkan hingga benar-benar aup panasnya hilang. Jangan langsung mengeluarkan pie dari loyang sebab pie bisa saja retak dan pecah.
6.    Setelah dingin, ptong-potong dan sajikan – Untuk 10 porsi.
 

No comments:

Post a Comment