Tuesday, July 9, 2013

Resep Es Campur Medan

Resep Es Campur medan

Pernah mencoba rasa dari  Es campur Medan? Minuman ini merupakan minuman khas kota Medan, Sumatera Utara yang cukup terkenal karena memiliki keunikan tersendiri, serta rasanya yang menyegarkan –Biasanya hidangan ini termasuk yang paling diminati oleh masyarakat kota Medan, maupun turis serta pelancong yang sedang berwisata kuliner.

Keunikan dari es campur medan ini terletak pada pemakaian biji delima dan markisa, buah yang memang merupakan salah satu icon dari daerah Sumatera Utara. Dan juga pemakaian sirup tradisional dari gula merah. Rasanya yang manis dan segar sangat cocok untuk dijadikan hidangan berbuka puasa.

Bahan Es Campur Medan :
300 gram kacang merah rebus*
100 gram jagung manis rebus*
200 gram cendol siap pakai
50 gram biji delima
50 gram markisa
200 gram nangka, potong dadu
200 gram tapai singkong, potong kecil-kecil
susu kental manis secukupnya (optional)
es serut secukupnya

Bahan sirup gula merah :
300 gram gula merah
50 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
200 ml air
¼ sdt vanili

Bahan kuah es campur :
500 ml santan
1 sdt garam
1 lembar daun pandan


Cara membuatnya :
  1. Buat kuah es campurnya terlebih dahulu. Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih sambil terus diaduk. Angkat dan sisihkan sebentar.
  2. Lalu buat sirup gula merahnya, larutkan gula merah, gula pasir, vanili, daun pandan dan air hingga tercampur rata dan kental. Angkat dan sisihkan sebentar biarkan dingin.
  3. Siapkan gelas saji, susun satu persatu bahan es campur mulai dari kacang merah hingga tapai singkong. Atur sesuai selera agar tercipta gradasi warna yang indah.
  4. Tuangi santan hingga menutupi seluruh bahan. Beri es serut di atasnya dan guyur dengan sirup gula merah dan susu kental manis jika suka.

Sajikan!


Tips* : Rendam kacang merah selama semalaman sebelum direbus agar lebih lunak dan proses perebusan tidak terlalu lama. Untuk jagung manis boleh pakai jagung manis kalengan atau jagung segar yang direbus kemudian dipipil. 

Baca juga artikel kuliner menarik di openrice.com tempatnya review restoran terbaik di Indonesia. dan resep makanan dan minuman

No comments:

Post a Comment